TIPS: Bodi mobil mulus bebas karat

Ilustrasi (web)

Menyayangi mobil Anda sama artinya memperlakukan tunggangan Anda seperti Anda sendiri. Perawatan harus dilakukan dengan teliti dan teratur. Untuk urusan bodi, diperlukan kecermatan agar kulit mobil tetap mulus.

Sebagai benda yang terbuat dari besi, musuh utama mobil adalah karat. Pada bodi, karat disebabkan oleh air hujan, bila air hujan masuk ke celah-celah dan sudut bodi dan tercampur dengan kotoran seperti pasir dan lumpur yang kurang mendapat perhatian sehingga mengakibatkan karat.

Bodi mobil, bila tidak terawat baik dan tidak dilindungi dengan antikarat yang baik, sangat rentan terhadap karat. Memang kita tidak dapat menghilangkan karat yang terjadi akibat proses alami, tetapi setidaknya kita dapat memperlambat proses pengkaratan dengan cara pengecekan pada mobil secara berkala.

Beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan sebelum “penyakit” itu datang menghampiri mobil Anda a.l.:

• Perhatikan cat bodi mobil

Bila Anda menemukan area di mana cat mobil Anda mengelupas atau retak, segeralah mengambil tindakan agar karat tidak timbul pada area tersebut.

• Teratur dalam merawat mobil

Cuci mobil Anda secara teratur, minimal seminggu sekali dan setiap 2 pekan sekali meminta jasa pencucian mobil untuk melakukan pembersihan di kolong mobil.

• Manfaatkan aksesori pencegah karat

Pasanglah berbagai macam aksesori antikarat a.l. penahan lumpur (mud flaps pada semua spat­bor), pasang karpet yang terbuat dari plastik atau karet untuk melindungi rembesan basah di dalam mobil, dsb.

• Waspada jika ke pantai

Aktivitas ke pantai bisa membuat mobil Anda kotor oleh air garam yang bisa menyebabkan karat dalam waktu relatif cepat. Usahakan tindakan pencucian menyeluruh agar garam tidak menempel di bodi mobil.

• Segera lakukan tindakan

Usahakan melakukan pembersihan bila hu­jan menyiram kendaraan. Bila mendapati karat, ja­ngan menunda lagi untuk memperbaiki. Segera ke bengkel untuk melakukan perbaikan antikarat.

Intip kolong

Kolong atau bagian bawah mobil harus mendapat perhatian penuh terutama pada musim hujan. Bagian yang rentan adalah knalpot yang bisa bocor jika dimakan karat. Begitu pula dek yang fungsinya melindungi bagian mesin bisa saja terkena cipratan air.

Dek yang berkarat, akan mengganggu berkendara. Sebab, dek bisa berfungsi perangkat aerodinamika atau saluran udara mobil.

Satu-satunya jalan untuk memeriksa dan membersihkan bagian kolong adalah meminta bantuan di bengkel pencucian mobil yang memiliki car lift dan penyemprot bertekanan tinggi.

Setelah itu, periksalah bagian knalpot, terutama di mulut muffler di bagian tengah atau belakang. Ceklah teliti, apakah ada bagian knalpot yang berkarat. Kalau ada, segeralah bersihkan pakai alat yang lembut sehingga tidak merusak bagian knalpot.

Nah, tidak ketinggalan, periksalah baut-baut yang ada pada mobil. Periksalah secara teliti, jangan sampai ada baut yang kendor atau lepas. Kalau bautnya kendor dan lepas, berkendara tidak nyaman.

Sumber 

Posted on 24 Juni 2012, in Tak Berkategori. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: